DSC_0414_compress32

Keluarga Baru Politeknik Negeri MadiunPoliteknik Negeri Madiun (PNM) mendapat keluarga baru yaitu UKM Taekwondo Indonesia Politeknik Negeri Madiun yang diresmikan pada hari Jumat, 7 Februari 2020. Acara ini diselenggarakan di Auditorium PNM yang dihadiri oleh Bapak Prasetyo Yekti Utomo, S.E., M.M. selaku  Wakil Direktur (Wadir) III PNM, Bapak Alfi Tranggono Agus Salim, S,Si.,M.T. selaku Pembina UKM Taekwondo Indonesia PNM, dan salah satu perwakilan pengurus taekwondo dari Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun. Selain itu perwakilan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Politeknik Negeri Madiun juga turut hadir dalam peresmian tersebut.

Acara ini dimulai pukul 09.30 WIB. Peresmian UKM Taekwondo diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan Wadir III serta perwakilan dari Pemkot Madiun. Dilanjutkan penyerahan bendera UKM Taekwondo dari Wadir III kepada Pembina UKM  sebagai simbolis berdirinya UKM Taekwondo Indonesia.

Latar  belakang berdirinya UKM ini, diawali dari diraihnya satu emas dan satu perak dicabang  taekwondo pada PORSENI yang dilaksanakan di Jakarta dua tahun yang lalu. Kemudian bapak Prasetyo Yekti Utomo, S.E.,M.M. menganjurkan untuk membuka UKM  Taekwondo di PNM. Pada awalnya UKM Taekwondo ini dibina oleh Pak Udin, setelah mengurus pengajuan proposal dan beberapa perizinan di PNM untuk mendirikan UKM, Bapak Alfi Tranggono Agus Salim,S.Si.,M.T dipilih sebagai Pembina resmi dari UKM Taekwondo di PNM.

Saat ini UKM Taekwondo memiliki 24 anggota yang diperoleh dari Open Recruitment (oprec) yang pertama. Kemudian akan ditambah lagi menunggu oprec yang kedua. Kegiatan yang dilakukan setelah peresmian ini adalah persiapan PORSENI yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 Maret di Kalimantan. UKM Taekwondo ini mengirimkan dua perwakilan seni dan satu fight cabang taekwondo. Selain PORSENI, UKM Taekwondo juga sedang mempersiapkan kejuaraan tingkat Kota Madiun.

Harapan dibentuknya UKM Taekwondo Indonesia di PNM, untuk menumbuhkan minat dan bakat dari mahasiswa-mahasiswi di bidang olahraga khususnya cabang taekwondo, dan juga  diharapkan bisa mencetak atlet-atlet taekwondo yang memberikan sumbangsih kepada PNM, seperti yang dituturkan oleh Wakil Direktur III Politeknik Negeri Madiun. Sedangkan menurut Fourin selaku ketua UKM Taekwondo mengucapkan “Harapannya UKM Taekwondo ini bisa mengangkat nama Politeknik Negeri Madiun di laga Internasional”, ucapnya.

Dengan diresmikannya UKM Taekwondo, kini jumlah Ormawa dan UKM di PNM kurang lebih 30 Ormawa, yang awal berdirinya PNM hanya memiliki enam Ormawa yang terdiri dari empat UKM dan dua Ormawa seperti BEM dan DPM.

Penulis: Indah Pranata & Ratih Nisa