Pers G-Plasma, Perkulian daring menuntut mahasiswa untuk beradaptasi dengan kebiasaan yang baru. Selama perkuliahan daring ini tak jarang membuat mahasiswa merasa bosan dan tertekan. Hal ini karena rutinitas yang monoton dan terus berulang, misalnya menghadap layar berjam-jam. Hal itu semakin bertambah dengan tugas yang menumpuk dan ketidakpahaman materi.

Untuk atasi hal tersebut, kamu bisa mengerjakan tugas bersama dengan teman-temanmu agar lebih mudah untuk memahami suatu materi yang menurut kamu sulit kamu mengerti. Dengan belajar bersama teman, kamu akan lebih bersemangat dan tidak bosan saat mengerjakannya.

Kegiatan belajar kelompok bisa dilakukan di mana saja, salah satunya di perpustakan. Apa spesialnya? perpustakaan menyediakan suasana belajar yang tenang sehingga menjadi tempat terbaik untuk belajar. Suasana baru perpustakaan juga dapat mengatasi kebosanan selama pekuliahan daring. Selain itu, tempat ini bisa meningkatkan pengetahuan dan produktivitas mahasiswa dengan banyaknya buku, jurnal, dan bahan pustaka lainnya yang tersedia. Dengan demikian, tidak ada lagi alasan kurang referensi bagi mahasiswa selama perkuliahan daring.

Perlu diingat saat bertemu dengan teman di luar rumah, kita wajib mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan tetap menjaga jarak. Tapi ada satu hal lagi yang tiak kalah penting dari beberapa tips diatas  apa itu? Istirahat.

Istirahat merupakan kegiatan berhenti sejenak dari kegiatan yang sedang dilakukan. Sederhana namun sering dilupakan, ada banyak manfaat dari beristirahat. Selain mereda diri dari penatnya kegiatan, istirahat yang cukup dan teratur dapat menjaga diri agar tetap dalam kondisi yang sehat, membuat otak menjadi fresh dan me-refresh kembali sistem kerja tubuh.

Penulis: Silvi B.K.

Editor: Mutji Rahayu Nengsih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *