Pers G-Plasma, Memasuki tahun ajaran baru, Politeknik Negeri Madiun menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Senin, (23/08/2021). Untuk kedua kalinya, acara ini kembali dilaksanakan secara daring melalui Zoom Cloud Meeting dan disiarkan langsung melalui YouTube karena pandemi Covid-19. PKKMB tahun ini akan berlangsung selama lima hari, mulai tanggal 23 Agustus 2021 hingga 27 Agustus 2021. Mengusung tema “PNM Bermutu”, setidaknya ada 850 mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan ini. Jumlah mahasiswa tersebut meningkat dibanding tahun lalu. Hal ini karena hadirnya program studi baru, yaitu D2 Pembentukan Logam.
Dikoordinir Bapak Budi Artono,S.T.,M.T., kegiatan ini mengadaptasi konsep pelaksanaan PKKMB seperti tahun sebelumnya. Namun dalam pelaksanaan PKKMB tahun ini, panitia banyak mengusung hal baru, terutama dalam segi acara maupun segi visualisasi sehingga memberikan kesan yang menarik untuk disimak dan diikuti. Hal tersebut ditegaskan oleh wakil pelaksana PKKMB, Hadias Bthari.
Sementara itu, acara PKKMB tahun ini juga berlangsung secara offline di Kampus 1 ini. Dengan protokol kesehatan yang ketat, PKKMB offline hanya menghadirkan 20 perwakilan mahasiswa baru dan 10 perwakilan panitia. Berdasarkan penuturan Hadias Bthari, perwakilan yang hadir secara langsung di kampus sudah melalui uji usap antigen Covid-19 serta mematuhi protokol kesehatan secara ketat, seperti memakai masker dan sarung tangan, mencuci tangan, dan menjaga jarak.
Tak bisa dipungkiri, kendala jaringan maupun fasilitas pendukung lain juga menjadi hambatan. Namun harapannya, hambatan tersebut tidak menyurutkan semangat dan antusiasme mahasiswa baru dalam mengikuti kegiatan ini. Melalui PKKMB tahun 2021 ini, mahasiswa baru diharap dapat lebih mengenal lingkungan barunya dan cepat beradaptasi dengan sekitarnya.

Penulis : Dyah Ayu Yuniar & Fajar Dwi Utomo.
Editor : Shindy Dwi Rahmawati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *