konten

Halo sobat G-Plasma, Selamat Hari Raya Idul Fitri ya. Mohon maaf lahir dan batin untuk kita semua. Ngomong-ngomong gimana nih Lebaran kalian? Apakah sesuai dengan harapan? Atau ada yang masih mengharapkan THR? Hahaha yang masih mengharapkan THR berarti kita sama ya guys.

Lebaran menjadi sebuah momen dan kegiatan istimewa bagi masing-masing dari kita. Pada momen tersebut  semua orang berlomba-lomba menghidangkan makanan dan minuman untuk tamu dan sanak keluarga yang datang. Namun, tradisi bersalam-salaman tidak lagi bisa dirasakan sejak pandemi menyerang. Lalu peristiwa apa saja yang ada di balik Lebaran 2021? Yuk simak pembahasan di bawah ini:

  1. Larangan mudik untuk kedua kalinya

Surat Edaran Larangan Mudik 2021 yang seharusnya diberlakukan sejak tanggal 22 April 2021 tidak menimbulkan kesadaran bagi masyarakat. Banyak dari masyarakat menggunakan alasan rasa rindu dengan keluarga dan saudara untuk tetap mudik. Hal tersebut sudah sepatutnya dirasakan oleh semua orang karena sudah lama tak bertemu. Namun, alangkah baiknya kita memikirkan dampak yang terjadi apabila aturan tersebut tidak dipatuhi.

  1. Meningkatnya angka positif penderita covid-19

Dilansir dari tempo.com, juru bicara satuan tugas penanganan covid-19 memaparkan bahwa dampak dari tidak mematuhi larangan mudik yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah yaitu meningkatnya angka positif penderita covid-19. Analisis data yang berasal dari Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa rata-rata kenaikan kasus dari tujuh hari yang lalu yaitu 5.173 kasus. Dari jumlah kenaikan kasus ini, hendaknya masyarakat lebih menyadari bahwa penyakit ini rentan menular.

  1. Penutupan tempat wisata dan hiburan

Untuk menghindari bertambahnya kasus baru covid-19 beberapa tempat wisata di sejumlah daerah ditutup. Kegiatan ini seharusnya diterapkan oleh seluruh tempat wisata yang ada di Indonesia. Namun, tempat wisata seperti Ancol, TMII, dan beberapa pantai di Jakarta masih saja melakukan pembukaan saat libur lebaran.

  1. Pengamanan transportasi lalu lintas

Sejumlah satuan petugas pengamanan ditugaskan menjaga jalur transportasi yang melintasi beberapa titik yang telah ditetapkan. Terdapat beberapa pengendara yang masih melanggar aturan membawa surat bebas covid-19. Akibatnya, di beberapa posko dan daerah dilakukan swab massal untuk menghindari peningkatan kasus covid-19.

Nah, dari pembahasan di atas, hendaknya kita ikut berhati-hati ya. Patuhi peraturan dan protokol kesehatan serta terapkan gaya hidup sehat. Semoga pandemi segera berakhir. Salam mahasiswa, salam Pers G-Plasma.

Penulis: Yuniar Wijayanti

Editor: Mutji Rahayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *