1620216746754

Bertempat di Gedung C Jurusan Teknik Politeknik Negeri Madiun Kampus 2, Pemilihan Direktur Politeknik Negeri Madiun Periode 2021/2025 akhirnya rampung digelar pada Rabu, 5 Mei 2021. Acara ini merupakan acara rutin yang digelar oleh Politeknik Negeri Madiun (PNM) lima tahun sekali. Acara pemilihan tersebut berlangsung secara tertutup dan hanya dihadiri oleh delapan belas anggota senat dan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D.. Acara pemilihan dimulai pada pukul 12.30 WIB hingga 14.00 WIB. Menurut Alief Sutantohadi, S.S., M.Hum., Humas sekaligus anggota Senat PNM, pemilihan direktur kali ini berjalan lancar meskipun dalam keadaan pandemi.

Lebih lanjut, sebelum kegiatan ini digelar, setidaknya ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Tahapan tersebut dimulai dengan publikasi pada bulan Desember 2020 dilanjut dengan pendaftaran, perpanjangan pendaftaran, seleksi administrasi dan verifikasi, pengumuman nama calon direktur, pemaparan visi-misi dan program kerja para calon direktur, penyaringan calon direktur dalam sidang senat, pengumuman calon direktur, pemilihan direktur oleh senat dan menteri, dan pengangkatan direktur baru. Seluruh rangkaian tersebut memakan waktu kurang lebih enam bulan jika mengacu pada jadwal yang telah ditetapkan oleh Senat PNM.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia juga ikut terlibat dalam keseluruhan proses Pemilihan Direktur PNM yang diselenggarakan tahun ini. Selain menyumbangkan suara dalam pemilihan, para panitia pemilihan direktur PNM periode 2021/2025 juga berkonsultasi dengan kementerian terkait demi kelancaran acara ini.

Ada setidaknya tiga kandidat yang diusulkan pada acara ini. Hasilnya, Fajar Subkhan S.T., M.T., terpilih menjadi Direktur Baru Politeknik Negeri Madiun periode 2021/2025. Bapak Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D., berharap dengan terpilihnya Direktur PNM yang baru dapat menjadikan PNM sebagai perguruan tinggi vokasi yang dapat membentuk calon pemimpin baru masa depan yang lebih hebat, kreatif, dan penuh dengan ide-ide positif. Hal ini juga sejalan dengan harapan M. Fajar Subkhan, S.T., M.T., untuk meneruskan pembangunan PNM dengan semangat gotong-royong dari berbagai pihak, mengingat periode ini merupakan kali kedua baginya tepilih menjadi Direktur Politeknik Negeri Madiun sekaligus menjalankan roda kepemimpinan PNM.

 

Penulis: Dany S.A. dan Fifiana A.T.

Editor: Rifa’i

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *