puasa2

Hal Apa yang Dianjurkan, Boleh Dilakukan, dan tidak Boleh Dilakukan saat Puasa?

Seperti diketahui bersama, berpuasa di bulan Ramadan bagi umat Islam adalah sebuah kewajiban. Hal ini diatur di dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 183. Dalam ayat tersebut disebutkan bahwa diwajibkan bagi umat Islam berpuasa sebagaimana diwajibkan atas umat sebelumnya agar mencapai ketakwaan.

Puasa yang merupakan Rukun Islam ketiga adalah kegiatan mengendalikan hawa nafsu dan berserah diri kepada Allah Swt. Puasa menjadi wajib bagi setiap umat yang telah mencapai masa pubertas dan tidak dalam kondisi sakit atau bepergian jauh.

Berpuasa di bulan Ramadan memiliki sejumlah aturan. Namun sayangnya, banyak masyarakat yang belum sepenuhnya mengetahui apa saja hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berpuasa Ramadan.

Berikut adalah hal-hal baik yang dianjurkan ketika berpuasa Ramadan.

  1. Sahur dan niat

Sahur dan niat adalah kegiatan untuk mengawali puasa. Niat wajib hukumnya bagi yang hendak berpuasa, tetapi sahur adalah anjuran. Seperti diketahui, sahur berfungsi untuk memberikan tubuh asupan makanan sehingga kuat menahan diri untuk tidak makan dan minum hingga magrib. Namun, dalam sebuah riwayat tidak dipermasalahkan apabila terlupa sahur selama tidak menzalimi diri sendiri.

  1. Tidak menunda waktu berbuka

Dalam sebuah riwayat hadis, Nabi Muhammad saw. menyerukan umatnya untuk segera berbuka bila telah waktunya.

  1. Sering Beribadah

Amalan bulan Ramadan yang dapat dilakukan saat berpuasa di antaranya membaca Al-Qur’an, melakukan salat wajib dan salat-salat sunah seperti tarawih, berdzikir, dan lain-lain.

  1. Memperbanyak sedekah

Salah satu amalan bulan Ramadan yang dapat dilakukan adalah memperbanyak sedekah misalnya saling berbagi dengan orang yang membutuhkan, berbagi takjil, menyantuni dan memberikan bantuan ke panti asuhan baik berupa makanan, uang tunai, ataupun barang lainnya.

  1. Menjauhkan diri dari perilaku negatif

Perbuatan negatif saat sedang berpuasa dapat menyebabkan berkurangnya pahala yang kita dapat. Beberapa perilaku yang perlu dihindari di antaranya mudah marah, berbicara kotor, berkelahi, membuat keributan, menyalakan petasan, dan lain-lain.

Berikut adalah hal-hal yang boleh dilakukan ketika berpuasa Ramadan :

  1. Tidak sengaja makan dan minum

Bagi orang yang berpuasa, makan dan minum secara tidak sengaja tidak membatalkan puasa. Namun, makan dan minum secara sengaja atau pura-pura melakukan dengan tidak sengaja tentu membatalkan puasa.

  1. Mandi di siang hari

Mandi siang bukanlah pantangan ketika berpuasa. Setiap orang yang berpuasa diizinkan untuk melakukan hal ini.

  1. Mencicipi makanan

Mencicipi makanan saat menyiapkan sajian berbuka tidak membatalkan puasa. Namun, hal ini harus dipastikan bahwa makanan tersebut hanya terasa di lidah dan bukan dicerna oleh tubuh.

  1. Mencium dan merangkul pasangan bagi suami atau istri

Kendati hubungan seksual haram dilakukan selama berpuasa, mencium dan merangkul pasangan bagi suami atau istri tidak otomatis membatalkan puasa. Namun, perlu diingat dua kegiatan tersebut boleh dilakukan selama tidak dengan nafsu seksual.

  1. Suntik dan mengambil darah

Suntikan dengan tujuan medis tidak membatalkan puasa. Seseorang yang menyatakan masih mampu berpuasa dengan kondisinya dapat melanjutkan puasanya. Sedangkan pengambilan darah dapat digunakan sebagai diagnostik sehingga tidak membatalkan puasa. Namun, bila darah yang diambil cukup banyak dan membuat lemas, maka boleh membatalkan puasa.

Berikut adalah hal yang tidak boleh atau tidak dianjurkan dilakukan saat berpuasa Ramadan:

  1. Berhubungan seksual

Hubungan seksual suami istri menjadi haram saat sedang menjalani puasa. Puasa yang batal akibat hubungan seksual suami istri wajib diganti dengan enam hari berpuasa di waktu selain Ramadan. Apabila tidak mampu, masing-masing yang melanggar harus memberi makan 60 orang miskin.

  1. Lupa mandi wajib

Bila seseorang lupa melakukan mandi wajib usai hubungan seksual, maka dia dalam keadaan tidak suci. Mandi wajib boleh dilakukan setelah selesai makan sahur atau pagi hari bila terlewat waktu sahur.

  1. Merokok pada saat berpuasa

Pada saat berpuasa, sebaiknya hindari merokok. Hal ini karena merokok bisa membuat puasa menjadi batal. Saat puasa, sebaiknya tidak memasukkan apa pun ke dalam mulut, sedangkan merokok dilakukan dengan memasukkan rokok ke dalam mulut dan dihirup. Selain itu, merokok juga kurang baik untuk kesehatan tubuh dan bisa mengganggu sistem pernapasan seseorang.

  1. Muntah dengan sengaja

Banyak yang mengatakan bahwa muntah tidak membatalkan puasa. Namun, hal tersebut hanya berlaku untuk muntah yang tidak disengaja. Jika seseorang muntah dengan sengaja, misalnya dengan cara memasukkan jari atau sesuatu ke tenggorokan sehingga muncul perasaan ingin muntah, maka itu akan membatalkan puasa dan harus menggantinya di lain hari.

  1. Makan dan minum sembarangan

Agar puasa berjalan lancar, kita perlu memperhatikan makanan dan minuman yang akan kita konsumsi. Alangkah baiknya untuk menghindari makanan yang berlemak tinggi, makanan yang mengandung gas, dan minuman dingin.

  1. Tidur seharian

Selain melewatkan waktu beribadah, kebiasaan buruk saat puasa ini juga menyebabkan tubuh menjadi lelah. Saat tidur, tubuh akan menguras kalori dalam tubuh. Tidur terlalu lama dapat menyebabkan badan tidak fit saat bangun tidur.

 

Penulis: Syafa Ayudya dan Happy Fajar

Editor: Rima Maulidya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *