Puasa, Ibadah yang Menyehatkan Tubuh

Puasa menjadi salah satu ibadah yang harus dilaksanakan oleh semua umat Islam selama bulan Ramadan. Ketika berpuasa, otomatis tubuh kita tidak menerima asupan makanan atau minuman seperti biasanya. Namun, faktanya tubuh kita memerlukan waktu setidaknya delapan jam untuk menyerap nutrisi dari makanan yang terakhir kali dimakan. Hal ini berarti tubuh mampu berpuasa apabila diberi asupan terlebih dahulu. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk makan makanan yang bergizi sebelum berpuasa.

Secara psikis, puasa dapat menanggulangi stres dan depresi untuk beberapa orang. Hal ini karena mereka belajar untuk mengendalikan diri. Selain itu, setelah beberapa hari berpuasa, tubuh akan mengalami peningkatan endorfin dalam darah yang memberikan perasaan sehat secara mental.

Beberapa manfaat lain berpuasa untuk kesehatan, di antaranya:

  1. Membantu memperbaiki kondisi medis

Berpuasa dengan diimbangi pola makan yang sehat bisa membantu memperbaiki kondisi radang sendi, radang usus besar, dan penyakit kulit, seperti eksim dan psoriasis.

  1. Menyehatkan jantung

Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berpuasa sebulan sekali memiliki risiko 58% lebih rendah terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak berpuasa.

  1. Mengurangi risiko kanker

Fakta lainnya, selama berpuasa laju pembelahan sel dalam tubuh akan berkurang seiring dengan faktor pertumbuhan yang menurun akibat terbatasnya asupan. Walaupun masih perlu diteliti lebih lanjut, berkurangnya pembelahan sel ternyata mampu mengurangi risiko kanker.

  1. Mengontrol gula darah

Sejumlah studi menyebutkan bahwa puasa dapat mengontrol gula darah. Oleh karena itu, puasa juga berguna untuk orang yang berisiko diabetes.

Itu tadi adalah beberapa manfaat berpuasa untuk kesehatan. Lalu, bagaimana cara agar tubuh tetap sehat selama berpuasa? Berikut ini adalah beberapa tips agar tubuh tetap sehat dan bugar selama berpuasa:

  1. Makan dengan porsi normal

Menurut dr. Magdi Mohamed dari RS Burjeel Abu Dhabi, makan berlebihan ketika berpuasa akan menyebabkan kram pada perut dan dapat menyebabkan diare. Sebaiknya, kita berbuka dengan minum air putih dan makanan ringan terlebih dahulu. Lalu, setelah salat magrib baru dilanjut dengan makan makanan berat sesuai dengan porsinya.

  1. Batasi makanan manis

Sebaiknya jangan mengonsumsi makanan manis secara berlebihan saat puasa. Karena selain berdampak buruk bagi kesehatan, mengonsumsi makanan manis secara berlebihan dapat membuat tubuh lemas di siang hari.

  1. Perbanyak minum air putih

Dilansir dari Halodoc.com aturan minum saat kita berpuasa menggunakan aturan 2-2-4, yaitu 2 gelas air saat sahur, 2 gelas air saat berbuka, dan 4 gelas air di malam hari.

  1. Konsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran umumnya mengandung serat yang tinggi, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Kandungan tersebut berguna untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah penyakit sehingga kita bisa tetap sehat selama berpuasa. Ketika kita ingin mengonsumsi buah-buahan untuk menu berbuka, sebaiknya pilih buah yang mengandung air seperti pir, apel, dan anggur.

  1. Minum vitamin

Ketika menjalankan ibadah puasa, kita tak cukup makan sayur-sayuran, buah-buahan, dan minum air putih saja. Namun, sebaiknya diimbangi dengan mengonsumsi vitamin. Karena mengonsumsi vitamin dapat menjaga kekebalan tubuh agar tetap sehat selama berpuasa.

  1. Berolahraga

Untuk menjaga tubuh tetap sehat saat puasa, olahraga menjadi satu hal yang wajib dilakukan. Sebaiknya melakukan olahraga ringan saat puasa seperti yoga, pilates, barre, renang, atau bersepeda. Ada baiknya olahraga saat puasa dilakukan 30-90 menit sebelum berbuka puasa karena kita bisa langsung mengisi tenaga kembali dengan makan dan minum.

  1. Tidur yang cukup

Selain berguna untuk melancarkan ibadah selama puasa, tidur yang cukup ketika berpuasa juga  membawa beberapa manfaat penting untuk tubuh.  Manfaat tersebut di antaranya adalah meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi stres, memperbaiki suasana hati, dan membuat kita lebih mampu berkonsentrasi ketika berpuasa seharian.

Menjaga kesehatan tubuh selama puasa adalah hal yang penting untuk dilakukan. Supaya tubuh tetap sehat dan puasa kita berjalan dengan lancar. Semoga setelah membaca artikel ini kita bisa sama-sama lebih menyadari pentingnya menjaga kesehatan selama puasa.

 

Penulis : Azahra Wahyu

Editor  : Lintang Cahyani

 

 

Sumber :

Afifah, Mahardini Nur. 2020. 7 Manfaat Puasa bagi Kesehatan. https://health.kompas.com/read/2020/04/24/140200768/7-manfaat-puasa-bagi-kesehatan?page=all#page2. Diakses pada 13 April 2021.

Alodokter. 2018. Manfaat Puasa bagi Kesehatan. https://www.alodokter.com/manfaat-puasa-bagi-kesehatan. Diakses pada 15 April 2021.

CASHBAC. 2021. 7 Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasa!. https://cashbac.com/blog/7-tips-sehat-menjalankan-ibadah-puasa/. Diakses pada 16 April 2021.

Viva health. 2017. PUASA BAGUS UNTUK KESEHATAN. https://vivahealth.co.id/article/detail/13425/puasa-bagus-untuk-kesehatan. Diakses pada 15 April 2021.

 

Tim Hadrah Ikromul Anbiya’ Raih Juara Favorit Lomba Hadrah Tingkat Nasional

Feed

Tim Hadrah Ikromul Anbiya’ dari UKKI Politeknik Negeri Madiun telah mengikuti kegiatan Festival Lomba Hadrah Tingkat Nasional. Lomba ini diadakan dalam rangka memperingati Harlah Ke-5 Keluarga Mahasiswa Nahdatul Ulama (KMNU) Stikes Surya Global Yogyakarta.

Lomba Hadrah ini dilakukan secara virtual di mana para peserta lomba mengirimkan video penampilan mereka dan diunggah ke akun Youtube penyelenggara. Tim Ikromul Anbiya’ melakukan rekaman di kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Madiun pada tanggal 18 Maret 2021 lalu dan tanpa disangka Tim Hadrah PNM menjadi juara favorit.

Dalam mengikuti Lomba Hadrah yang dilaksanakan oleh Stikes Surya Global Yogyakarta ini, Tim Hadrah Ikromul Anbiya’ beranggotakan sepuluh orang di antaranya ada yang berperan sebagai vokal utama, backing vokal 1 dan 3, terbang inti lanangan dan wedokan, terbang golong lanang dan wedok lalu yang terakhir berperan sebagai bass. Tim ini mengakui bahwa halangan yang sering terjadi ada pada waktu latihan karena tidak semua anggota tim berada dalam satu program studi yang sama sehingga anggota harus bisa membagi waktu antara latihan dan kuliah.

Rizky Ardiansyah, salah seorang anggota dari Tim Hadrah Ikromul Anbiya’ menuturkan bahwa alasan terbesar mereka mengikuti kegiatan ini adalah untuk melaksanakan syiar dan juga sebagai tempat untuk menyalurkan hobi. Rizky juga menjelaskan persiapan yang dilakukan dalam mengikuti lomba hadrah ini adalah dengan melakukan latihan yang intensif sebelum rekaman dan tidak lupa juga mempersiapkan peralatannya. “Yang jelas latihan secara intensif sebelum rekaman dan sebelum rekaman kami menyiapkan sound system untuk keperluan audio,” ujar Rizky.

Tim Hadrah Ikromul Anbiya’ juga berterima kasih kepada orang-orang yang telah mendukung dan memberi semangat kepada mereka termasuk pembina dan kedua bapak ibu dosen. Tak lupa juga Rizky berharap dengan ikut sertanya Tim Hadrah dari PNM, para mahasiswa bisa lebih mencintai selawat dan semoga bisa mendapat syafaat dari Nabi Muhammad SAW. Selamat sekali lagi kepada Tim Hadrah Ikromul Anbiya’ UKKI PNM, semoga prestasi membanggakan yang kalian dapatkan bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa Politeknik Negeri Madiun yang lain.

Penulis : Azahra
Editor: Mutji

Persiapan Menyambut Ramadhan

Tadarus

Menjelang Ramadan 2021 di tengah pandemi Covid-19, kita sebaiknya mengetahui bagaimana puasa dapat memengaruhi tubuh. Selama tiga belas jam, kondisi tubuh akan kekurangan asupan makanan. Salah satu tips melakukan puasa saat pandemi yaitu dengan menstok buah-buahan atau sayur-sayuran untuk menunjang asupan gizi tubuh dan tetap berdiam diri di rumah.

Bulan yang penuh kemenangan ini sudah sepatutnya kita pergunakan untuk berlomba-lomba dalam mengerjakan kebaikan. Kebaikan tersebut mulai dari menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh maupun menjalankan ibadah sunah lainnya. Salah satu ibadah yang bisa kita lakukan saat bulan Ramadan dan hari biasa adalah tadarus Al-Qur’an atau membaca Al-Qur’an.

Selain itu, ada momen yang bisa dimanfaatkan selama bulan Ramadan, yaitu menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta. Namun, ada sebagian orang yang sulit untuk mewujudkannya. Hal tersebut terjadi karena kesibukan yang sangat menyita waktu atau keluarga yang sedang merantau. Sayang sekali, padahal momen ini adalah momen di mana keluarga bisa berkumpul, mengobrol satu sama lain, bermain, serta bercengkerama dengan hangat dan damainya. Lewat waktu ini, setiap anggota keluarga dapat membangun hubungan yang lebih dekat dan saling berbagi kebahagiaan. Apa pun yang terjadi keluarga yang baik akan selalu ada untukmu. Jadi, sayangilah keluargamu dan luangkan sedikit waktumu untuk mereka.

Penulis: Dyah Ayu
Editor: Rifa’i