Screenshot (60)

Screenshot (42)

Sidang Istimewa (Sidis) adalah bentuk pengesahan, pembentukan, dan pembubaran baik Organisasi Mahasiswa (Ormawa) maupun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Pada hari Minggu, 21 Maret 2021 lalu, Dewan Perwakilan Mahasiswa-Keluarga Mahasiswa Politeknik Negeri Madiun (DPM-KM PNM) mengadakan acara Sidang Istimewa.

Sidang Istimewa (Sidis) bertujuan untuk mengesahkan Ormawa dan UKM di PNM sesuai dengan undang-undang KM-PNM yang berlaku.  Kali ini, organisai mahasiswa yang disahkan di antaranya adalah Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi (HIMKA), Himpunan Mahasiswa Program Studi Komputerisasi Akuntansi (HIMAKSI), dan UKM Taekwondo.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan setiap Ormawa dan UKM di PNM dengan konsep kegiatan berupa semi offline-online karena melihat kondisi yang masih pandemi. Untuk kegiatan  secara online acara dilaksanakan melalui Zoom Meeting dan diikuti oleh perwakilan dari seluruh Ormawa dan UKM yang ada di PNM. Sementara untuk kegiatan offline dihadiri oleh perwakilan Ormawa dan UKM yang bersangkutan dan  beberapa panitia yang bertempat di Cafe Om Breng. Hal ini dikarenakan ada beberapa perlengkapan yang mengharuskan pelaksanaan acara secara offline.

Susunan persidangan berjalan seperti pada umumnya, yaitu penyerahan berkas persyaratan setiap perwakilan Ormawa/UKM untuk disahkan sebagai Ormawa/UKM PNM dan sumpah jabatan dari Presiden Mahasiswa (Presma) BEM dengan penandatangan berita acara setelah ikrar dilakukan. Hasilnya HIMKA, HIMAKSI , dan UKM Taekwondo disahkan sebagai Ormawa/UKM di PNM.

Azizah Yulia, selaku Ketua Pelaksana, mengatakan bahwa terdapat persiapan yang harus dilakukan serta kendala yang dihadapi pada sidang ini. “Untuk mempersiapkan sidang ini, pertama harus survei tempat, mendata perlengkapan selama sidang, dan mengoordinir setiap sie dalam menjalankan tugas sesuai tupoksinya,” ungkap Azizah. Namun, untungnya semua dapat diatasi dan acara berjalan dengan semestinya. Selain itu, Azizah juga berpesan supaya acara Sidis ini bisa dijadikan acuan untuk acara selanjutnya dan bisa berkontribusi lebih baik untuk DPM dengan menutupi kekurangan yang ada dengan kelebihan.

Semoga Ormawa dan UKM yang telah disahkan menjadi bagian dari PNM di acara Sidis nantinya dapat amanah dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas serta tercapai tujuan dari masing-masing organisasi.

 

Penulis : Ardelia Putri dan Azahra Wahyu

Editor  : Rima Maulidya P

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *