feed1.jpg-min

Bencana alam memang seringkali datang tanpa diduga dan tanpa adanya tanda-tanda. Namun, hewan sering kali memberikan pertanda akan datangnya bencana alam, apabila kita benar-benar mencermatinya.

Beberapa hewan memiliki indra dan insting yang lebih kuat dari yang lainnya. Hewan-hewan berinsting kuat tersebut biasanya mendeteksi perubahan yang terjadi di alam sebelum bencana terjadi.

Seperti perubahan kadar karbon dioksida, suhu, maupun partikel gas yang ada di bumi. Selain itu, beberapa diantara mereka juga mendeteksi akan datangnya bencana dengan indra pendengaran atau sensor lain pada tubuhnya.

Beberapa penelitian pun telah dilakukan terkait hal ini. Berikut 5 hewan yang diyakini bisa mendeteksi datangnya bencana alam.

  1. Kucing

Kucing adalah hewan yang populer dijadikan peliharan. Hewan imut ini dipercaya memiliki insting yang kuat terhadap bencana gempa yang akan terjadi. Biasanya kucing akan melakukan perilaku aneh seperti mondar-mandir, tampak panik dan stres sebelum datangnya bencana. Dikutip dari Bicara.co.id, Selasa (24/11/2020).

  1. Semut

Semut menguasai hampir seluruh bagian tanah di bumi. Anda mungkin terganggu dengan semut karena dianggap hama. Namun jangan salah, serangga yang hidup berkoloni ini dipercaya mampu mendeteksi gempa bumi. Semut akan meninggalkan sarangnya sebelum gempa terjadi. Semut diyakini memiliki kemampuan untuk merasakan perubahan karbon dioksida serta magnet bumi. Dikutip dari Bicara.co.id, Selasa (24/11/2020).

 

  1. Anjing

Anjing merupakan hewan yang dianggap memilki kecerdasan tinggi. Hewan ini popular dijadikan sebagai peliharaan atau penjaga. Anjing diyakini memiliki kemampuan mendeteksi badai atau gempa yang akan terjadi. Sebelum terjadi bencana, anjing akan merasa gelisah dan gemetaran. Dikutip dari Idn Times, Selasa (24/11/2020).

 

  1. Katak

Menyadur National Geographic id, Selasa (24/11/2020), katak bufo dapat mendeteksi aktivitas seismik. Mereka akan mengubah perilaku mereka saat mendapati adanya aktivitas seismik. Dalam Journal of Zoology milik Zoological Society of London menerangkan 96% katak jantan meninggalkan populasinya di kawasan pembiakan lima hari sebelum gempa melanda L’Aquila, Italia.

  1. Burung Bangau

Burung bangau dipercaya mampu mendeteksi adanya bencana alam. Hal ini dibuktikan saat terjadi gempa dan tsunami di Aceh dan Nias. Dikabarkan burung bangau terbang menjauhi area pantai sebelum bencana tersebut terjadi. Dikutip dari Phinemo, Selasa (24/11/2020).

 

Itulah lima hewan yang diyakini bisa mendeteksi datangnya bencana alam. Terlepas dari benar atau tidaknya, setiap hewan pasti memiliki kemampuan unik dan kepekaan terhadap suatu perubahan di alam ini. Percaya atau tidak, alam pasti akan memberikan tanda-tandanya ketika akan terjadi bencana. Hanya saja tanda ini tak selalu dapat ditangkap oleh manusia. Saat itulah hewan dapat memahami tanda-tanda alam dan berlaku tidak seperti biasanya.

 

Penulis : Nabila dan Dany (Div. Editor)

Editor : Kistia Meilani S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *