Pedulikan Kesehatan Mental, Atasi agar tak Semakin Berakar

2-2_compress41

Kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika hati berada dalam keadaan tentram dan tenang. Apabila kesehatan mental seseorang terganggu, ia akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosi yang dapat mengarah pada perilaku buruk.

Stres yang berkepanjangan hingga menimbulkan depresi tidak baik untuk kesehatan mental. Mungkin ini memang masalah kalian, bukan berarti solusi juga harus dari kalian sendiri. Tak masalah jika bercerita dengan orang yang kamu percayai.

Berceritalah dengan orang yang siap mendengarkan keluh kesah dan masalahmu. Jangan dipendam sendiri, ada orang-orang yang masih peduli denganmu. Keluarga dan sahabat terbaik selalu siap mendengarkan ceritamu. Dengan bercerita, setidaknya ada sedikit rasa lega yang dirasakan.
Lalu bagaimana dengan solusinya?

Untuk mengatasi hal tersebut salah satunya dengan mindfulness. Mindfulness adalah kesadaran dan perhatian penuh terhadap apa yang terjadi dalam diri kita dan di sekitar kita. Di saat ini, mindfulness membantu kita mengolah cara pandang sehingga kondisi mental lebih damai. Kita bisa latih mindfulness dengan cara meditasi duduk.

Jika dilakukan secara benar dan teratur, meditasi duduk punya efek menyembuhkan. Durasi meditasi duduk bisa lima menit hingga setengah jam. Dengan mindfulness, kita bisa mengakui penderitaan kita dan belajar bagaimana mengatasinya. Kita tatap derita secara dalam dan cari akarnya.

Mulailah terbuka dengan masalahmu. Bisa jadi, kamu menemukan solusi dari seseorang yang kamu ceritakan. Bahkan, hal itu bisa meringankan penat yang penuh dengan penderitaan. Janganlah merasa kamu hidup sendirian, hampa, tanpa arah. Tentu tidak, masih ada orang yang peduli denganmu, apapun keadaannya, baik susah maupun senang.
Kemudian kita bisa refreshing yang mungkin menjadi solusi yang tepat. Refreshing dibutuhkan untuk pemulihan psikis baik mental maupun pikiran. Dengan menenangkan maupun mengalihkan pikiran dengan suatu keadaan yang lebih baik.
Membaca mungkin terkesan kegiatan yang menambah pikiran. Namun, membaca juga dapat memperluas wawasan dan menambah sudut pandang. Dengan terbukanya pola pikir serta bertambahnya wawasan.

Perlu diketahui hal itu juga dapat meringankan kondisi yakni dengan menerima hal yang baru dan tidak terlalu berharap lebih dengan keadaan. Berdamai dengan keadaan dan selalu tabah menghadapi cobaan.

Badai pasti berlalu, tetapi kamu harus kuat dan tabah untuk menghadapi semua itu.
“Jika diam tidak memperbaiki keadaan, coba alihkan perhatian dengan memanfaatkan ketersediaan.”

Penulis : Anggota Divisi Fotografer
Editor : Ratriana Lia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *