Mau chat dosen? Berikut Etika Berkomunikasi yang Benar

Feed 1_compress75

Komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.
Dalam berkomunikasi tentu saja tidak boleh sembarangan, ada etika yang harus kita lakukan agar komunikasi berjalan dengan baik dan bisa diterima oleh orang yang diajak berkomunikasi.
Etika komunikasi mahasiswa adalah perilaku atau sikap yang harus ditunjukkan oleh mahasiswa dalam proses penyampaian pesan atau informasi. Adapun perilaku atau sikap yang ditunjukkan adalah menjunjung tinggi tata krama dan norma kesopanan.
Misalnya berkomunikasi dengan memperhatikan waktu, memberikan salam dan memperkenalkan diri ketika memulai komunikasi, nyatakan permintaan maaf sebagai wujud rasa rendah hati karena mungkin mengganggu waktu komunikan.
Selanjutnya berkomunikasi dengan nada yang sopan, ketika selesai melakukan komunikasi jangan lupa ucapkan terima kasih atas waktu yang telah diberikan serta salam penutup.Dari poin-poin tersebut, betapa pentingnya mahasiswa untuk memperhatikan tata cara dalam berkomunikasi dengan baik dan benar.
Feed 2_compress39
Kampus merupakan wadah yang tepat bagi para mahasiswa untuk belajar berkomunikasi secara profesional. Salah satu cara melatih etika berkomunikasi mahasiswa adalah berkomunikasi secara langsung dengan dosen.
Dalam berkomunikasi secara langsung dengan dosen, mahasiswa dianjurkan menggunakan bahasa Indonesia yang formal dan baku. Hal-hal yang perlu diperhatikan dan dipahami oleh para mahasiswa saat berkomunikasi secara langsung dengan dosen adalah sebagai berikut:
1. Gunakan kata ganti Saya
Jangan menggunakan kata ganti aku, gue, atau yang sejenisnya.
2. Selalu perkenalkan diri dan kelas
Misalnya: “Saya Abdul Hakim mahasiswa program studi Bahasa Inggris semester 5.” Karena tidak semua dosen sanggup mengingat-ingat seluruh mahasiswa bimbingannya yang selalu berubah tiap semester.
3. Jelaskan keperluan
Misalnya: “Saya memerlukan persetujuan bapak untuk mengajukan sidang skripsi.”
4. Ucapkan terima kasih
5. Perhatikan waktu
Jangan mengganggu saat dosen sedang makan atau ketika dosen sedang berkomunikasi dengan mahasiswa/dosen lainnya.
Feed 3_compress95
Beberapa mahasiswa/mahasiswi masih merasa ragu dan sungkan untuk menghubungi dosen melalui aplikasi daring. Memang dibutuhkan aturan aturan agar kita terkesan masih menghormati walaupun tidak saling bertatapan muka.
Berikut adalah etika-etika menghubungi dosen:
1. Gunakan salam dan sapa
Selalu gunakan salam yang baik (assalamu’alaikum, selamat malam, selamat pagi).
2. Perkenalkan diri dengan lengkap dan jelas
Memperkenalkan diri atau menyebutkan identitas (nama dan program studi) hal ini dimaksudkan bila dosen mungkin tidak akan menyimpan semua nomor telepon mahasiswa di ponselnya.
3. Utarakan maksud dan tujuan dengan jelas
4. Sampaikan ucapan maaf dan terimakasih sebagai kerendahan hati
5. Gunakan bahasa yang baik
Sopan dan santun di sini maksudnya gunakan kata-kata yang baku, atau yang sesuai dengan etika. Susun kalimat dengan baik sehingga terlihat sopan.
6. Gunakan tata tulis yang baik
Selain bahasa yang baik dan tata cara seperti diatas, tata tulis sangat menentukan, seperti apapun maksud kita, dan struktur penulisan yang kita gunakan, akan tidak berarti kalau kita menulisnya tidak tepat. Jangan gunakan konsonan, sandi huruf, dan angka.
7. Perhatikan tanda baca
Gunakan tanda baca seperlunya dan gunakan sesuai dengan fungsinya.
8. Jangan memerintah dosen
Memerintah daalam hal ini, seringkali pesan singkat mahasiswa itu memerintah dosen, dan itu sangat kurang tepat, misalnya (mohon segera dicek kembali ya pak).

Penulis : Divisi Reporter (Ana, Nathan, Habib, Ardhanti, Putri, Afriza)
Editor : Nabila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *