FEED 3

Pada masa pandemi saat ini Politeknik Negeri Madiun (PNM) menerapkan sistem perkuliahan daring yang sudah dilakukan sejak bulan Maret lalu dan berlanjut pada awal semester Ganjil. Metode perkuliahan daring ini menuntut bapak/ibu dosen untuk menjelaskan materi melalui berbagai media platfrom pembelajaran online, seperti :Zoom , Google meet, Google Classroom, dsb. PNM juga melakukan pengurangan jam perkuliahan yang bertujuan agar mahasiswanya tidak suntuk ataupun tertekan selama perkuliahan daring.

Selain itu, dalam perkuliahan daring tentu terdapat beberapa kendala yang dialami dosen ataupun mahasiswa. Kendala yang sering terjadi adalah koneksi internet yang berbeda dari setiap daerah, peralatan yang kurang memadai, dan lain-lain.

Perkuliahan daring memang sangat berbeda dengan perkuliahan tatap muka. Baik dari terbatasnya dosen menjelaskan materi, tugas yang bertumpuk, hingga rasa bosan dengan rutinitas yang berulang.

Maka dari itu kami akan membagikan beberapa tips agar perkuliahan daring tidak membosankan :

  1. Mempersiapkan diri

Sebelum memulai perkuliahan alangkah lebih baik nya mempersiapkan diri seperti mandi sarapan dan hal-hal yang diperlukan. Semua ini guna menunjang kegiatan belajar agar lebih fokus. Semakin baik persiapan maka semakin mudah mengikuti pembelajaran.

  1. Persiapkan peralatan penunjang kuliah (Laptop, alat tulis, buku, koneksi internet, dll)
  2. Berdoa sebelum memulai kuliah
  3. Mencatat materi yang diberikan
  4. Mempelajari materi yang diberikan dosen
  5. Aktif dalam kegiatan pembelajaran (bertanya, menjawab pertanyaan dosen, dan lain-lain)
  6. Siapkan sedikit camilan supaya tidak mengantuk saat perkuliahan
  7. Jangan lupa siapkan minuman juga agar tetap fokus

Satu lagi jangan lupa bahagia ya tetap jaga kesehatan dimanapun kalian berada dan mari kita berdoa agar bumi ini kembail seperti semula. Tetap semangat bagi bapak ibu dosen dan mahasiswa untuk melaksanakan perkuliahan daring.

Penulis : Silvi Binti Khotijah dan Tri Handoko

Editor : Kistia Meilani Sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *