IMG-20200826-WA0008

Memasuki tahun ajaran baru, Politeknik Negeri Madiun (PNM) menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) secara daring. Kegiatan ini dilaksanakan melalui aplikasi Zoom. Hal ini dilakukan karena pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkannya untuk mengadakan kegiatan yang melibatkan banyak massa. Acara ini dilaksanakan mulai tanggal 24 Agustus sampai 27 Agustus. Acara ini mengusung tema Mahasiswa Kreatif, Inovatif, dan Nasionalis di Era Evolusi Industri 4.0.
Melalui acara ini diharapkan mahasiswa dapat menghadapi perkembangan revolusi industri 4.0 secara bijak dan lebih kreatif serta inovatif. Tetapi tetap memiliki jiwa nasionalis dan cinta tanah air. Acara ini dikoordinir oleh dosen dan mahawasiswa. Bapak Hifzhan Frima Thousani, S.AB., M.A.B. ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana PKKMB tahun ini.
Dosen yang akrab disapa Pak Tosan oleh mahasiswa ini mengatakan, persiapan PKKMB tahun ini terbilang cukup singkat dan hanya memakan waktu selama 2 minggu, dan dibantu oleh para dosen senior yang sebelumnya terlibat dalam kegiatan PKKMB serta pihak BEM. Hal ini juga selaras dengan diterangkannya Hesty Nurcahyanti selaku koordinator PKKMB 2020 dari pihak BEM.
Acara ini dibuka pada hari Selasa (24/08/2020) pada pukul 07.30 WIB oleh Direktur Politeknik Negeri Madiun, Muhammad Fajar Subkhan, S.T., M.T. di Hall Politeknik Negeri Madiun. Turut hadir pula para direktur dan staff direksi Politeknik Negeri Madiun serta beberapa perwakilan mahasiswa baru dari berbagai program studi PNM.
Salah satu perwakilan mahasiswa baru yang hadir pada acara pembukaan mengatakan, “Saya senang bisa menjadi perwakilan di Pembukaan PKKMB hari ini karena saya akan menjadi keluarga baru di Politeknik Negeri Madiun,” Nana Ainiya Khalida yang merupakan mahasiswa baru Program Studi D3 Mesin Otomotif.
Selain itu, mahasiswa baru juga sudah mulai berkenalan dengan teman-teman seangkatannya. “Sudah lumayan banyak berkenalan dengan mahasiswa baru dari jurusan lain, tetapi kurang lebih hanya sebatas nama dan asal daerahnya saja. Sama ngobrol-ngobrol sedikit.” ucap Firman Muhamat Ridhoi yang merupakan mahasiswa baru dari Program Studi D4 Perkeretaapian.
Beberapa organisasi mahasiswa seperti Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), dan Himpunan Mahasiswa Prodi (Hima Prodi) juga ikut serta dalam monitoring PKKMB daring ini.“Teknisnya pihak BEM menentukan 5 orang untuk menjadi monitoring di setiap prodinya. BEM, DPM dan HMJ akan dipilih satu orang sebagai perwakilan, sisanya dari hima prodi. Anggota BEM yang lain akan terbagi untuk menjadi pendamping dosen dan narasumber,” ungkap Hesti selaku koordinator PKKMB.
Pihak panitia juga mendapatkan respon baik dari mahasiswa baru, terkait informasi hingga beberapa panduan yang mereka berikan. “Panitianya baik semua, ramah, dan mengarahkan dengan jelas” kata Nana Ainiya. “Panitianya humble sih, kak. Enak” kata Firman Muhamat.
Mereka berharap semoga PKKMB daring yang akan dilaksanakan 3 hari ini berjalan dengan lancar dan membantu maba lebih mengenal kampus barunya. Alih-alih dengan daring seperti ini, mereka juga akan membangun networking (jaringan) yang lebih luas dengan teman seangkatannya.
PKKMB ini merupakan kegitan rutin PNM yang diselenggarakan setiap tahun. Tujuannya tak lain untuk mengenalkan kehidupan kampus. “Harapannya yaitu semoga PKKMB ini dapat menjadikan maba tidak lupa akan jiwa nasionalis dan cinta tanah air walaupun menghadapi era digital yang sifatnya tanpa batas serta semakin kreatif di dunia industri revolusi 4.0. Karena era saat ini lebih mudah secara segi materi tidak seperti cara yang konvensional. Agar ketika libur pandemi ini dapat belajar hal baru.” Ujar Pak Tosan.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, PKKMB tahun ini diisi dengan kegiatan-kegiatan yang edukatif, dengan menghadirkan pemateri dari luar. Seperti Dandim 0803, MUI Kota Madiun, Kemendikbud, BNBD dan Kapolresta. PKKMB ini juga berisi pengenalan sistem akademik hingga pengenalan jurusan dan program studi. Acara ini akan ditutup dengan pengukuhan mahasiswa baru pada Kamis (27/ 08/ 2020).
Penulis : Ratriana Lia, Fifiana Astitining Tiyas dan Fadhilah Gatya Putri
Editor : Winda Eka Rachmawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *