IMG_20200704_140209_755

Divisi Kominfo? Pasti kalian sudah tidak asing dengan kata “Kominfo”. Kominfo adalah singkatan dari kata Komunikasi dan Informasi. Komunikasi adalah proses penyampaian informasi atau pesan dari satu pihak kepada pihak lain baik yang dilakukan secara verbal maupun non verbal. Sedangkan informasi adalah sekumpulan data atau fakta yang telah diproses dan diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan sesuatu yang dapat dipahami oleh pihak lain. Jadi, dapat diartikan bahwa divisi kominfo adalah divisi yang mewadahi aspirasi dan menjembatani penyampaian informasi baik yang berasal dari anggota organisasi maupun dari lingkungan eksternal.

Divisi Kominfo pada UKM Pers G-Plasma merupakan salah satu divisi perusahaan yang memiliki otoritas dalam penyebarluasan informasi. Selain itu, divisi kominfo juga memiliki tugas dan wewenang sebagai berikut:
1. Menjalin hubungan kerjasama baik internal maupun eksternal kampus.
2. Mencari informasi dari kampus lain baik berita maupun informasi yang berkaitan dengan pers.
3. Mencari informasi penting yang terjadi di internal maupun nasional yang bisa berguna untuk kemajuan media maupun bidang usaha.
4. Mendelegasikan anggota untuk menghadiri undangan.
5. Mempublikasikan seluruh karya anggota UKM Pers G-PLASMA.
6.Bertanggung jawab atas semua pengelolaan media sosial online.

Ada beberapa cara yang dilakukan untuk menyebarluaskan suatu informasi yang ada, salah satunya melalui sosial media seperti Instagram dan web. UKM Pers G-Plasma memiliki akun Instagram, yaitu @gplasma_pnm. Selain itu, jika kalian ingin tahu lebih lanjut tentang UKM Pers G-Plasma kalian juga bisa mampir ke web UKM Pers G-Plasma yaitu pers.pnm.ac.id. Kalian bisa mengetahui berita-berita tentang kampus maupun luar kampus dengan mengunjungi sosial media kami.
Dalam pendistribusian informasi ada beberapa tata cara penyampaian informasi yang baik. Tata cara penyampaian informasi ini sangat penting untuk diperhatikan agar tidak terdapat kesalahpahaman. Berikut ini adalah beberapa tata cara yang bisa digunakan dalam menyampaikan informasi:
1. Informasi yang disampaikan harus jelas dengan bahasa yang mudah dipahami agar orang lain dapat mencerna informasi yang diberikan.
2. Dalam menyampaikan informasi harus fokus pada pokok pembicaraan sehingga tidak terkesan bertele-tele.
3. Informasi yang disampaikan harus benar dan sesuai fakta karena sebuah informasi tidak akan memiliki nilai apabila tidak benar.
4. Sampaikan informasi dengan lengkap tanpa mengurangi atau menambah informasi yang ada.
5. Gunakan bahasa yang sopan dalam berkomunikasi dan menyampaikan informasi. Hindari kata-kata yang dapat menyinggung atau menghina seseorang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *