IMG_20200627_132835_626

Masalah (problem) merupakan salah satu hal yang tidak bisa dipungkiri dapat terjadi dalam sebuah organisasi. Begitu juga dengan UKM Pers G-PLASMA. Baik itu sesama divis, per divisi, maupun satu dengan yang lain. Oleh karena itu, adanya salah satu divisi yang mungkin bisa membantu menyelesaikan permasalahan tersebut sangat mempunyai peran penting dalam menunjang dan membantu pencapaian tujuan bersama di  UKM Pers G-PLASMA yaitu Divisi Litbang

Apa sih Divisi Litbang?

Divisi Litbang merupakan kependekan dari Divisi Penelitian dan Pengembangan. Divisi Litbang adalah salah satu divisi yang termasuk dalam perusahaan UKM Pers-Gplasma. Dengan begitu, hal ini sesuai dengan tugas dan wewenang dari Divisi Litbang yaitu :

  1. Membantu anggota redaksional dalam meneliti suatu berita.

Walaupun Divisi Litbang termasuk dalam perusahaan, namun tidak menutup kemungkinan bahwa Divisi Litbang juga mempunyai tugas untuk membantu anggota redaksi baik secara langsung maupun tidak langsung.

  1. Melaporkan dan mengevaluasi anggota UKM Pers G-PLASMA  dan mengcover kegiatan-kegiatan yang vakum.

Jika ada anggota UKM Pers G-PLASMA yang pasif, bermasalah, bahkan menyeleweng dari tata tertib UKM Pers G-PLASMA maka Divisi Litbang mempunyai kewajiban untuk mengkritik, memberi arahan, mencari solusi, dan menyelesaikan masalah tersebut. Selain itu, Divisi Litbang juga bertugas untuk mengingatkan kepada divisi/anggota yang lain untuk menyiapkan program kerja/kegiatan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat serta memastikan bahwa program kerja tersebut dapat berjalan dengan semestinya. Jika ada program kerja yang tidak terlaksana tanpa alasan yang jelas, Divisi Litbang bertugas untuk mencari tahu alasan dan mencari solusinya.

  1. Membuat pelatihan kepada anggota dalam tujuan pengembangan kualitas anggota.

Divisi Litbang juga mempunyai beberapa program kerja (proker) yang wajib dilakukan oleh seluruh anggota UKM Pers G-PLASMA. Lalu, apa sih pelatihan dalam mengembangkan kualitas anggota UKM Pers G-PLASMA?

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang biasanya dilakukan di kampus pada saat jam kuliah libur dan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTL) dimana sebuah pelatihan mempunyai UU yang melindungi pers dan kode etik.

Pada saat PJTD dan PJTL UKM Pers G-PLASMA biasanya mendatangkan demisioner, internal, maupun eksternal kampus yang berkompeten dan ahli di bidangnya untuk menambah pengetahuan dan melatih keterampilan anggota UKM Pers G-PLASMA dalam bidang jurnalis.

Pada intinya, pelatihan tersebut dilakukan agar ilmu yang diajarkan dapat diterima, dipahami, dan diolah menjadi senuah karya yang dapat dipublikasikan oleh para anggota UKM Pers G-PLASMA .

Selain PJTD dan PJTL, Divisi Litbang juga memegang buku induk tahunan kepengurusan UKM Pers G-PLASMA.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *