IMG-20200626-WA0013

Teknologi Informasi (TI) merupakan salah satu program studi yang tergolong baru di Politeknik Negeri Madiun (PNM) telah memperoleh peringkat Akreditasi Baik. Program studi (Prodi) ini mendapat izin pertama tanggal 4 Mei 2018. Kepala Program Studi (Kaprodi) TI, Ibu Lutfiyah Dwi Setia, S.Kom., M.Kom. mengatakan ada beberapa proses yang harus dilakukan untuk mencapai peringkat Akreditasi Baik tersebut. Sesuai aturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) terbaru versi 4.0 yang semula peringkat Akreditasi A, B, C menjadi peringkat Akreditasi Unggul, Baik Sekali, dan Baik, setiap Prodi baru wajib melakukan akreditasi pertama maksimal dua tahun setelah izin pertama Prodi diterima, jadi Prodi TI juga mengikuti aturan terbaru BAN-PT. Proses pertama diawali dengan pengisian Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) selama dua tahun terakhir beserta instrumen-instrumen lain yang kemudian diunggah ke sapto.banpt.or.id. Setelah diunggah, dilakukan review bertahap sesuai panduan instrumen akreditasi dan setelah pengajuan diterima, BAN-PT memberi Surat Keputusan (SK) status akreditasi. Selanjutnya, Prodi TI melakukan Asesmen Lapangan secara Daring dari BAN-PT agar tervalidasi seluruh instrumen akreditasi dan kemudian memperoleh Sertifikat Akreditasi.

Proses akreditasi yang melibatkan hampir semua elemen civitas akademika yang terkait dengan Prodi TI mulai dari Unit Pengelola Program Studi (UUPS) yang meliputi direktur, seluruh wakil direktur, Unit Pelaksana Teknis (UPT), kepala bagian, subbagian sampai seluruh dosen Prodi TI ini tentunya mengalami beberapa kendala. “Setiap langkah menuju perubahan itu pasti akan melalui beberapa kendala, itu hal wajar, yang terpenting setiap kendala yang ditemui harus disikapi dengan semangat terus belajar dan belajar. Demikian juga dengan Prodi TI, adanya perubahan instrumen akreditasi BAN-PT dari pola lama tujuh standar menjadi sembilan kriteria juga tentu menjadi poin yang harus disikapi dengan semangat belajar, berani mencoba hal-hal baru yang ditemui”, ujar Bu Lutfi.

Peringkat Akreditasi Baik Prodi TI yang diputuskan oleh BAN-PT yang berlaku mulai tanggal 23 Juni 2020 sampai dengan tanggal 23 Juni 2025 di Jakarta ini dilakukan secara Daring dan pengesahan oleh Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT juga dengan QR Code sehingga keaslian data dapat langsung di cek secara resmi di BAN-PT.

Sebagai Kaprodi, Ibu Lutfia berharap agar Prodi TI bisa memberikan kemanfaatan nyata secara meluas bagi masyarakat secara umum. “Mohon doanya rekan-rekan semua semoga proses Asesmen Lapangan secara Daring diberikan kemudahan dan kelancaran, Amin”, tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *