PicsArt_05-30-12.28.54

Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri pada tahun ini jatuh pada tanggal 1 Syawal 1441 H atau 24 Mei 2020 M. Lebaran tahun ini mungkin terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, mengingat pandemi corona yang belum mereda di Indonesia. Pasalnya, demi mencegah penularan virus corona, kita semua diimbau untuk melakukan physical distancing, sehingga hari Lebaran pun harus dilakukan #dirumahaja. Larangan mudik juga diterapkan guna memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Pandemi corona tidak mengurangi kehikmatan perayaan Hari Raya Idul Fitri, meskipun tidak dapat berkumpul dengan keluarga besar. Kita tetap dapat merayakannya sembari menikmati quality time bersama keluarga di rumah saja. Beberapa tips dapat dilakukan untuk menikmati lebaran di rumah saja, antara lain:
1. Memasak Makanan Bersama Keluarga
Kita dapat mengisi waktu lebaran dengan memasak makanan khas lebaran bersama anggota keluarga inti. Terlebih, banyak masakan khas lebaran yang bisa menjadi inspirasi masakan apa saja yang akan dibuat seperti opor ayam, ketupat, rending, lontong sayur, dan sebagainya. Tak hanya makanan berkategori berat saja, namun bisa juga membuat kue kering yang digemari anak-anak.

2. Mendekorasi Rumah
Mendekorasi rumah di kala lebaran dapat menambah kehangatan suasana lebaran saat ini. Dekorasi tidak harus mengeluarkan budget yang besar. Cukup menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Kita dapat melakukannya dengan memindahkan posisi barang ke tempat yang lain, mengecat bagian tertentu ruangan, atau memasang wallpaper dengan beragam corak yang menarik di dinding ruangan.

3. Mengirim Bingkisan pada Orang Terkasih
Lebaran erat kaitannya dengan bingkisan atau parsel lebaran, bingkisan tidak hanya dikirimkan untuk perusahaan tetapi juga dapat dikirim kepada orang terkasih untuk tetap menjaga silaturahmi dan saling berbagi. Bingkisan lebaran yang bisa kamu kirim dapat berupa makanan, minuman, atau perlengkapan ibadah.

4. Bersilaturahmi melalui Video Call
Lebaran kali ini mungkin terasa berbeda karena sesuai anjuran pemerintah untuk tidak mudik dan bersilaturahmi ke rumah saudara. Namun, kalian masih bisa tetap bersilaturahmi dan meminta maaf antar keluarga melalui video call. Mengingat teknologi saat ini yang begitu canggih. Beberapa aplikasi yang dapat digunakan antara lain: Zoom, Skype, Whatsapp, Google Duo, Instagram, dan lain-lain.

5. Berbagi Rezeki
Keadaan saat ini mengingatkan kita untuk tetap berbagi rezeki antar sesama agar dapat membantu perekonomian masyarakat yang terdampak corona. Masyarakat tetap dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Kesimpulannya adalah Lebaran Idul Fitri yang dilakukan di rumah pun juga bisa terasa sangat mengasyikkan apabila dimaknai dengan benar. Tetap semangat dan berdoa semoga pandemi segera berakhir.

Penulis: Dita & Hanisa (Div. Editor)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *