1588939251121

Jika melihat kehidupan masyarakat di sekitar, banyak kita jumpai kaum wanita keluar rumah dengan tidak mengenakan jilbab, atau bahkan memakai rok mini. Banyak di antara mereka tidak menutup aurat. Anehnya, keadaan itu dianggap biasa tidak dianggap suatu kemaksiatan yang perlu diingkari. Seakan menutup aurat bukan sebuah kewajiban dan membuka aurat bukan sebuah dosa. Bahkan sebaliknya, terkadang orang yang menutup auratnya dianggap aneh, lucu dan asing. Inilah fakta yang aneh pada zaman sekarang. Kenapa bisa seperti itu? karena jauhnya mereka dari agama Islam sehingga mereka tidak mengerti apa yang menjadi kewajiban termasuk kewajiban menutup aurat.

1588938983289

Allah telah mewajibkan kita untuk menutup aurat. Hal ini juga telah terkandung dalam ayat Al Quran dalam Surat Al Ahzab ayat 59 :

“Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang Mukmin, “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka !” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Sungguh betapa hukum menutup aurat ini sangat penting dan bagaimana jika kita lalai dan malah mempertontonkan aurat kita kepada orang lain. Apakah kita akan merugi? Tentu saja.
Rasulullah saw bersabda: “Aku melihat wanita yang digantung dengan rambutnya dan otak kepalanya mendidih. Wanita yang digantung dengan rambutnya dan otak kepalanya mendidih adalah wanita yang tidak mau menutupi rambutnya dari pandangan laki-laki yang bukan mahram.” (Dikutip dari dalamislam.com, 2018)
Sungguh Allah telah memberikan peringatan akan siksa neraka bagi wanita yang membuka aurat. Mungkin bagi sebagian orang, membuka aurat bukanlah hal yang penting. Tapi sebenarnya membuka aurat juga membuka jalan zina dalam Islam, karena dari pandangan yang tidak dijaga dan membiarkan orang lain melihat aurat kita maka akan menimbulkan nafsu dalam diri dan dapat menyesatkan pikiran manusia.

Lantas dari penjelasan diatas, masihkah diantara kalian tidak khawatir akan masuk kedalam neraka karena lalai dan melupakan kewajiban kita sebagai muslimah untuk menutup aurat kita? Memang menutup aurat kadang terasa berat untuk memulainya namun jika kita terus menunda kesempatan yang telah diberikan bagaimana nasib kita di akhirat kelak? Bayangan neraka pasti sudah mengikuti kita. Naudzubillah.

Semoga setelah ini dapat menjadikan kita sadar akan pentingnya menutup dan menjaga aurat agar kita bisa mengupayakan untuk terhindar dari siksaan api neraka. Amiinn.

Cahyaning Putri Puspitasari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *