Feed 1

Bulan Ramadan telah tiba, momen ini sangat dinantikan oleh seluruh umat muslim di penjuru dunia. Namun, Ramadan tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Saat ini, sedang terjadi pandemi Virus Corona atau yang biasa disebut Covid-19. Sama halnya dengan beberapa Negara lainnya, Pemerintah Indonesia juga menghimbau agar masyarakatnya mengurangi aktivitas di luar rumah demi mencegah penyebaran virus ini.
Imbasnya, tentu saja banyak aktivitas yang hanya dapat dilakukan saat Ramadan terpaksa dilarang. Seperti ngabuburit, buka bersama, hingga salat tarawih. Namun sebagai gantinya, ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan saat Ramadan walaupun sedang dirumah saja tetapi tetap mendapatkan pahala, berikut ulasannya:

Tidur yang Cukup
Walaupun sedang berada di rumah saja, demi menjaga stamina kita ketika melaksanakan amalan di bulan suci Ramadan, istirahat yang cukup juga diperlukan untuk tubuh. Tidur yang cukup bertujuan untuk menambah semangat kita ketika melaksanakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya positif di bulan Ramadan. Selain itu, tidur sangat dianjurkan dan bahkan dapat mendatangkan pahala. Namun, bukan berarti saat menjalankan puasa kita bisa tidur sepanjang hari dan bermalas-malasan, karena hal itu dapat merugikan kita di bulan puasa yang penuh dengan berkah ini.
Ketika berpuasa kita diwajibkan untuk melakukan kegiatan yang sifatnya positif bukannya bermalas-malasan. Jadi selama tidur yang kita maksutkan untuk menambah semangat kita dalam menjalankan amalan di bulan Suci Ramadan, maka kita akan mendapatkan pahala. Tetapi saat tidur yang kita lakukan sepanjang waktu dan tidak melakukan amalan apapun, justru hal itu akan menjadi dosa untuk kita.

Perbanyak Salat Sunah
Ada beberapa amalan yang dapat dilakukan secara pribadi atau individu, saat kita berada di rumah salah satunya adalah salat sunah. Salat sunah merupakan penyempurna dari salat fardu lima waktu, yang bisa dilaksanakan secara munfarid (sendiri). Seperti salat sunah Rawatib, salat sunah ini dilaksanakan baik sebelum maupun sesudah salat fardu. Contoh lainnya ada Salat Duha, Salat Tahajud, Salat Istikharah, dan Salat Taubat.
Rasulullah juga mengingatkan agar kita tidak menjadikan rumah seperti kuburan yang artinya tidak pernah digunakan untuk salat. Hal ini disebutkan dalam sebuah Hadis Riwayat Aisyah dalam Musnad Ahmad: “Salatlah kalian di rumah kalian, jangan jadikan rumah kalian seperti kuburan”. (HR. Aisyah, Musnad Ahmad)

Membaca Ayat Suci Al-Quran
Selain tidur yang cukup dan memperbanyak salat Sunah, kita juga dapat melakukan kegiatan seperti mengaji atau bertadarus Al-Quran. Aktivitas ini dapat kita lakukan setelah sahur sebelum menunggu azan subuh atau sebelum magrib sembari menunggu waktu berbuka puasa.
Selain mendapatkan pahala yang berlipat ganda, mengaji akan membuat bulan puasa kita menjadi lebih produktif dan jauh dari godaan setan, lebih bisa berpikiran positif serta belajar lebih mendalam tentang ajaran-ajaran islam.

Bersedekah Secara Online
Bulan Ramadan yang penuh berkah ini, membuat sebagian besar umat islam berlomba-lomba memanfaatkan momen ini untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda dengan bersedakah. Namun karena himbauan Pemerintah yang menetapkan untuk sementara waktu tidak keluar rumah dan menjauhi kerumunan, masyarakat dapat tetap bersedakah secara online. Saat ini banyak platform di media social yang sudah menyediakan fasilitas berdonasi secara online, yang lebih aman dan tentunya praktis, salah satunya kitabisa.com. Selain itu, penting bagi umat muslim di bulan Ramadan ini untuk terus bersedekah kepada yang lebih membutuhkan. Keajaiban dari bersedekah ini bisa kita rasakan saat di dunia maupun di akhirat, untuk menambah tabungan pahala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *