slide1

Munculnya pandemi virus COVID-19 di berbagai belahan dunia memberikan dampak yang cukup besar. Salah satu dampak dari virus ini adalah terjadinya social distancing yang membuat kita harus menjaga jarak antar individu. Dalam proses pelaksanaannya, pemerintah menganjurkan kita untuk tidak keluar rumah agar dapat membantu mememutuskan persebaran virus COVID-19 tersebut. Bagi sebagian besar orang yang selalu melakukan aktivitas di luar rumah, keadaan ini tentu membuat mereka merasa bosan karena tidak tau apa yang harus dilakukan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghabiskan waktu di rumah.

slide2

1. Family time
Wabah virus Corona memang membuat semua ketakutan. Banyaknya masyarakat yang terinfeksi membuat kita was-was untuk bepergian. Namun, kita tetap berhak untuk bahagia kapanpun dan dimanapun berada. Masih ada hal positif yang bisa kita lakukan agar tetap bahagia. Family time adalah salah satu bentuk kebahagiaan di tengah  mewabahnya virus Corona. Selama ini kesibukan menjadi penyekat bagi kita untuk sekedar berkumpul dengan keluarga. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama family time seperti memasak bersama, makan, dan bermain.

Bahagia juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahagia membuat kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Itu sangat dibutuhkan saat sekarang agar terhindar dari virus Corona, karena virus ini rentan kepada orang yang memiliki kekebalan tubuh lemah.

2. Tekuni hobi dirumah
Lakukan hobi yang selama ini sedang ditekuni kala berdiam diri di rumah. Masa isolasi diri takkan jadi membosankan, justru produktif karena kalian mengasah kemampuan baru. Hal ini mungkin bisa menjadi peluang bisnis untuk kalian karena hobi itu sendiri bisa dijual secara online.

3. Membereskan rumah
Membereskan kamar atau rumah bisa membuat pemandangan lebih indah, juga suasana hati lebih menyenangkan. Bersihkan lantai, semprotkan desinfektan ke tempat-tempat seperti kenop pintu, ganti seprai, nyalakan diffuser agar kamar wangi dan nyaman untuk ditinggali.
Kalian juga dapat mencoba menerapkan trik Marie Kondo, hanya menyimpan barang-barang yang membuat hati gembira. Keluarkan baju-baju lama yang sudah kekecilan atau tidak terpakai, sumbangkan kepada yang membutuhkan atau jual ke toko baju bekas.

4. Berjemur diteras
Konsep berjemur dibawah sinar matahari pagi sebenarnya bukan mematikan virus corona. Namun, meningkatkan imunitas tubuh agar mampu melawan virus.
Agar tubuh kita juga sehat dan selalu bugar, luangkan waktu kurang lebih 15 menit pada jam 10 untuk berjemur sebentar.

5. Olahraga
Olahraga sangat berguna untuk memperkuat daya tahan tubuh yang membantu kita agar tidak gampang terserang penyakit. Olahraga tidak harus dilakukan di gym, tempat fitness, lapangan, dan sebagainya. Kita juga bisa melakukan olahraga di dalam rumah tanpa perlu adanya peralatan khusus. Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat kita coba di rumah. Selain itu, banyak gerakan olahraga seperti push-up, sit up, plank, dsb yang dapat kita praktikkan agar mendapatkan tubuh yang sehat sekaligus bisa membentuk otot.

6. Membaca
Salah satu kegiatan yang bisa kita lakukan untuk menghabiskan waktu adalah membaca. Membaca dapat menjadi kegiatan alternatif yang dapat mengusir rasa bosan selama di rumah. Kita dapat membaca novel, komik, cerita pendek, atau bacaan-bacaan ringan lainnya yang dapat kita gunakan untuk relaksasi. Tidak hanya melalui buku, kini membaca juga bisa kita lakukan melalui smartphone. Selain berguna untuk menghabiskan waktu, membaca juga dapat memperluas wawasan dan pengetahuan kita.

7. Merawat diri
Kesibukan yang kita lakukan sehari-hari tentu membuat kita jarang untuk memperhatikan diri sendiri. Dengan adanya lebih banyak waktu di rumah, inilah saatnya kita melakukan berbagai hal yang berguna untuk merawat tubuh kita. Banyak jenis perawatan yang dapat menjadi alternatif pilihan seperti memakai masker wajah, memakai lulur, memakai masker rambut, dsb. Melakukan perawatan tidak harus mahal, kita bisa menggunakan bahan alami yang mudah kita dapatkan sehari-hari.

8. Menonton film
Social distancing tentu membuat kita tidak dapat pergi ke bioskop untuk menonton film. Namun, tidak perlu khawatir karena menonton film pun juga dapat kita lakukan di rumah. Dengan pesatnya perkembangan teknologi kita dapat menonton film melalui web atau aplikasi secara streaming ataupun mengunduhnya. Menonton film tentunya dapat membantu kita untuk mengusir rasa bosan dan dapat juga menghilangkan stres akibat pekerjaan yang menumpuk.

9. Beribadah
Luangkan waktu untuk berdoa kepada Tuhan YME agar selalu melindungi kita dan keluarga dari virus ini, semoga pandemi virus di dunia ini segera selesai. Agar kita bisa beraktivitas dengan normal seperti sediakala.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *