IMG-20190909-WA0004

MADIUN – Bisa karena terbiasa. Pepatah tersebut mengukuhkan semangat Sri Suyatmi Pohan dalam kejuaraan BAO (Business Administration Olympics) bertaraf nasional. Lomba yang diselenggarakan di Politeknik Negeri Malang, Jumat (7/9) lalu itu diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas dan politeknik se-Indonesia.

Ia berhasil menyabet juara pertama di perlombaan bidang Secretarial Skill yang diikuti oleh 14 peserta. Ami, sapaan akrabnya mengaku persiapan untuk menghadapi perlombaan ini sebenarnya sudah ia rintis sejak awal semester hingga ia menginjak semester 5. Tak hanya berkat mata kuliah Secretarial skill, kegiatan ORMAWA juga turut mengantarkannya ke gerbang kemenangan di kompetisi BAO. Pasalnya, gadis berusia 21 tahun itu juga menjabat menjadi sekretaris HIMA Prodi Adbis. “Ikut organisasi juga menjadi wadah saya untuk belajar,” ujarnya.

Ami juga sempat mengikuti lomba Business Plan BAO tahun lalu. Namun ia belum berkesempatan menang. Meski pernah mengalami kegagalan, kini usahanya terbayar dengan gemilang. Ia sukses membanggakan almamaternya. Motivasi kemenangan itu bersumber dari ibunya juga. “Ini adalah persembahan saya untuk Politeknik Negeri Madiun. Saya juga berterima kasih sebab sudah diberi kesempatan untuk menjadi mahasiswa melalui program bidikmisi,” ungkapnya.

Lewat lomba BAO, Ami berharap generasi muda bisa bersama-sama mengupgrade keahlian karena persaingan dunia bisnis sangatlah pesat. Pun, dengan diberlakukannya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) serta kehadiran Revolusi Industri 4.0 menjadikan kita berpikir dua kali untuk membuang waktu dan bermalas-malasan. Diluar sana masih banyak orang yang berjuang dan memperbaiki diri. “Sebab waktu tak pernah menunggu,” tuturnya.
BAO sendiri bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu mahasiswa khususnya Jurusan Administrasi Niaga. Selain lomba Secretarial Skill, ada juga lomba Business Plan, dan lomba Web Design antar mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga dan mahasiswa jurusan lain se-Indonesia. (Indah Ramadhani O.S.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *