IMG-20190817-WA0021

IMG_20190817_070410_compress64

Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 dilaksanakan di Lapangan Kampus II Politeknik Negeri Madiun (PNM) dimulai pada pukul 06.50 WIB. Setiap tahun PNM mengadakan upacara peringatan HUT RI untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan RI. Upacara diikuti oleh Mahasiswa Baru PNM, Mahasiswa penerima Bidikmisi, dan seluruh jajaran Dosen, serta staff PNM. Seluruh peserta sangat antusias dalam mengikuti upacara kemerdekaan ini, sehingga upacara berlangsung dengan khidmat dan tertib.

IMG-20190817-WA0007

HUT RI ke-74 ini mengusung tema “SDM Unggul, Indonesia Maju”, hal ini sesuai dengan program pemerintah yang fokus pada pendidikan, khususnya pendidikan vokasi. Politeknik Negeri Madiun merupakan salah satu perguruan tinggi vokasi yang harus siap berkontribusi mencetak SDM unggul di Indonesia. SDM dikatakan unggul jika input, process, dan output-nya sesuai standar. Input di PNM sudah cukup baik dibuktikan dengan banyaknya pendaftar kurang lebih 5.300 orang, sedangkan kuota yang diambil hanya 760 calon mahasiswa baru. Kriteria yang kedua adalah proses yang meliputi kurikulum, dosen pengajar, serta sarana dan prasarana yang ada di kampus. Banyak dosen PNM yang mengikuti retooling untuk mendapat keterampilan lanjutan yang selanjutnya keterampilan tersebut ditransfer ke mahasiswa. Selain itu, kurikulum PNM tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, yang semula Praktik Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan 2 – 3 bulan menjadi 6 bulan dengan harapan mahasiswa lebih dekat dengan industri (dunia kerja). Seperti contoh Program Studi (Prodi) Perkeretaapian yang mulai masuk industri sejak semester III, sehingga mahasiswa yang lulus lebih siap bersaing di dunia kerja.

IMG-20190817-WA0008

Berdasarkan Kemenristekdikti, PNM mendapat peringkat 20 dari 1128 Perguruan Tinggi Vokasi yang terdiri dari Politeknik, Akademi, dan Akademi Komunitas baik negeri maupun swasta. “Kabar tersebut sangat surprise mengingat PNM merupakan Politeknik Negeri yang belum lama berdiri dan harapan saya ke depan mahasiswa di sini mendukung apa yang sudah diprogramkan dan harus siap menjadi mahasiswa Politeknik yang berbeda dari kampus lain, karena menjadi mahasiswa Politeknik itu tidak mudah perlu kerja keras untuk menciptakan SDM yang unggul,” ujar Muhammad Fajar Subkhan, S.T., M.T., selaku Direktur PNM.

Oleh : Cynthia CA & Ratriana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *