IMG-20190801-WA0009

Jurusan Administrasi Bisnis (Adbis) mengadakan Yudisium Akhir Program Studi Diploma Tiga Tahun Akademik 2018/2019. Acara yang melibatkan 117 mahasiswa program studi (Prodi) Adbis dan 28 mahasiswa Prodi  Bahasa Inggris ini digelar di  Gedung Adbis, Kampus II Politeknik Negeri Madiun. Para dosen, staff, dan Wadir I turut hadir dalam acara tersebut. Acara dimulai pukul 08.00 WIB, dibuka dengan penampilan dari UKM Musican dan UKM Tari yang mempersembahkan Tari Genjring.

IMG-20190731-WA0002

Acara dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian sambutan dari Bapak Aminudin Azis, S.Ag., M.Si., selaku Ketua Jurusan Adbis. Mahasiswa semester VI juga turut memeriahkan acara yudisium dengan mempersembahkan beberapa lagu. Dalam acara ini juga diumumkan mahasiswa terbaik dari masing-masing Prodi. Mahasiswa terbaik Prodi Adbis diraih oleh  Priscylia Gretha Andriany dengan IPK 3.86 predikat dengan pujian. Sedangkan Mahasiswa terbaik Prodi Bahasa Inggris diraih oleh Istyaning Asifa Dewi dengan IPK 3.87 predikat dengan pujian. Acara ini diselingi dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Jurusan Adbis, Bapak Aminudin Aziz, S.Ag., M.Si. dan Wadir I, Bapak Yosi Affandi, S.Sos., M.AB., sebagai ungkapan rasa syukur atas kelulusan mahasiswa jurusan Adbis.

IMG-20190801-WA0007

Pada acara tersebut juga ditampilkan video dokumenter yang berisi kenangan mahasiswa semester VI selama berkuliah di Politeknik Negeri Madiun. Pesan dan kesan mahasiswa yang diwakilkan oleh Ika Putri Suciani menjadi acara berikutnya sebelum memasuki acara kesan dan pesan dari Dosen, yang diwakilkan oleh Bapak Priyanto, S.Pd., M.Si. Penampilan kesenian Reog Ponorogo oleh mahasiswa semester VI membuat acara yudisium kali ini semakin menarik. Pada acara yudisium ini juga dibacakan polling dosen terfavorit pilihan mahasiswa dan penyerahan kenang-kenangan dari mahasiswa untuk kampus. Acara ditutup dengan agenda foto bersama dengan Dosen Pembimbing Akademik dari masing-masing kelas dan pelepasan balon oleh seluruh mahasiswa.

IMG-20190731-WA0004

Dari hasil wawancara dengan Ketua Jurusan Administrasi Bisnis mengenai acara yudisium tahun ini, beliau menyampaikan acara yudisium tahun ini luar biasa karena acara ini seluruhnya dari mahasiswa oleh mahasiswa dan untuk mahasiswa. Beliau juga bersyukur dan bangga karena pencapaian IPK mahasiswa Prodi Adbis dan Bahasa Inggris mengalami kenaikan yang signifikan. Beliau berpesan kepada seluruh mahasiswa untuk semangat, kerja keras, pantang menyerah, dan tetap menjalin hubungan yang baik dengan Tuhan. Beliau juga menambahkan harapanya untuk para mahasiswa. “Harapannya adalah mereka tidak terlalu lama tanpa status alias pengangguran, doa saya semoga mereka cepat terserap di dunia kerja sesuai ilmunya,” tuturnya.

Sedangkan dari pihak mahasiswa yang meraih IPK terbaik Prodi Bahasa Inggris, Istyaning Asifa Dewi, menyampaikan jika IPK yang telah ia raih tidak ditargetkan sebelumnya. Ia merasa senang dan bangga atas pencapaiaannya. Sambil menunggu panggilan pekerjaan yang ia inginkan, ia sekarang bekerja sebagai  freelance pengajar di salah satu sekolah perhotelan di Madiun. Motivasi terbesarnya dalam pencapaian ini adalah orangtua. Karena orangtua sudah memberikan dukungan baik moril maupun materil, jadi dengan ini aku pengen sedikit nyenengin hati orang tua kalau pengorbanan mereka tidak sia-sia nyekolahin aku sampai sini, ungkapnya.  Ia pun juga berharap kepada adik tingkatnya untuk pencapaian IPK selanjutnya lebih baik lagi.

Dari pihak mahasiswa Adbis yang memperoleh IPK terbaik, Priscylia Gretha Andriany, menyampaikan rasa senang dan bersyukur atas pencapaiannya. Ia juga merupakan Wakil Badan Eksekutif Mahasiswa Periode Kepengurusan Tahun 2018. Ia memberikan kiat-kiat kepada adik tingkat untuk tidak menunda dan melupakan tugas  sesibuk apapun organisasi atau pekerjaan rumah dan menjaga sopan santun serta etika kepada para dosen. Motivasi terbesarnya adalah orang tua.

Ketika ada semangat, hal sesulit apapun pasti terasa mudah” kalimat quote tersebut menjadi kalimat motivasi favoritnya. Selain itu, ia mengungkapkan harapannya untuk adik tingkatnya. “Tetap semangat, jalan kalian masih panjang, dan satu hal dari sini kita bisa membuktikkan bahwa organisasi tidak menghalangi prestasi di bidang Akademik,” ungkap Priscylia.

 

 

Indah Pranata / Nia Kurniasih

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *