IMG-20190622-WA0002

Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) adalah salah satu seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara serentak oleh seluruh Politeknik Negeri se-Indonesia pada hari Sabtu, 22 Juni 2019. Di Politeknik Negeri Madiun (PNM) sendiri diselenggarakan di Gedung M. Nuh Kampus I. Pada tahun ini jumlah peserta yang mengikuti UMPN meningkat pesat yaitu berjumlah 1867 calon mahasiswa baru sedangkan pada tahun 2018 kurang lebih hanya 600 calon mahasiswa baru. Kuota penerimaan mahasiswa baru PNM tahun 2019 sebanyak 738 mahasiswa. Untuk jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN) 40%, jalur UMPN 40%, dan jalur mandiri sebanyak 20% dari total keseluruhan mahasiswa baru yang akan diterima tahun ini.

UMPN tahun ini terdapat dua sesi. Sesi I dimulai pada pukul 08.30 WIB s.d 11.00 WIB yang diikuti oleh 942 calon mahasiswa baru bidang rekayasa. Selanjutnya sesi II dimulai pada pukul 13.00 WIB s.d 15.30 WIB yang diikuti oleh 925 calon mahasiswa baru bidang tata niaga. Pada bidang rekayasa materi yang diujikan adalah matematika, fisika, bahasa indonesia, dan bahasa inggris. Sedangakan pada bidang tata niaga materi yang diujikan adalah matematika, ekonomi, akuntansi, bahasa indonesia dan bahasa inggris. Terlihat antusiasme calon mahasiswa baru dalam mengikuti UMPN 2019, “Saya mengambil program studi (Prodi) Perkeretaapian karena sejak kecil saya ingin berkecimpung di dunia perkeretaapian,” ujar Alwi yang merupakan salah satu peserta UMPN 2019. Sama halnya dengan Devi yang mengatakan, “berkat usaha dan doa, saya Inshaallah yakin akan diterima di Politeknik Negeri Madiun Prodi Mesin Otomotif.”

Sebagai Ketua Pelaksana UMPN 2019, Fredy Susanto, S.Pd., M.Pd. mengatakan kendala yang paling utama adalah jumlah ruang yang terbatas. Oleh sebab itu sebagian calon mahasiswa baru melakukan ujian di lantai dasar yang seharusnya berfungsi sebagai tempat parkir kendaraan roda dua. “Harapannya semakin lama semakin banyak pendaftar jadi seleksinya semakin ketat, jadi dimohon mempersiapkan diri menghadapinya,” ujar Fredy saat ditanya mengenai harapan UMPN kedepannya. Dan hasil tes hari ini akan diumumkan pada tanggal 27 Juni 2019.
Oleh : Nathania, Ria & Fairuz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *