IMG-20181209-WA0003

Politeknik Negeri Madiun (PNM) kembali mengikuti Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) di Politeknik Negeri Bandung pada tanggal 14 – 17 November 2018. Sebagai informasi, KMLI adalah kompetisi mobil listrik yang diselenggarakan setiap tahun oleh Politeknik Negeri Bandung. Tahun ini adalah periode ke-10 diadakannya kompetisi mobil listrik tersebut.

IMG-20181209-WA0002

Konsep mobil listrik yang diberi nama FUSENA ini berbeda dengan tahun lalu. Oleh karena itu, para anggota tim KMLI PNM, MOLIKOM AE, merombak rangka dan body mobil dari tahun kemarin. “Kita merombak rangka dan body dari tahun kemarin. Serta penggeraknya juga baru,” ucap Darma Aji, mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Otomotif semester 3 yang turut menjadi anggota dari tim tersebut.
Anggota lain dari MOLIKOM AE, Fauzan, menambahkan jika mobil ini memakai mesin motor baru. “Memakai motor BLDC 800 watt yang berjumlah 2. Serta menambahkan baterai baru yang kapasitasnya 45 amper,” ujar mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Otomotif semester 5 tersebut. Selain merombak rangka dan body mobil, tipe motor yang digunakan pun berbeda. “Konsepnya berbeda. Tahun kemarin memakai rantai dan berpenggerak akhir yang keseluruhan rodanya 14 inchi. Sekarang memakai tipe motor BLDC on Wheel 800 watt Hi Grid. Jadi posisi dinamo langsung di pelek belakang dua-duanya,” ungkapnya. Secara keseluruhan, kemajuan untuk tahun ini bagus dan sesuai prediksi awal.
Darma Aji yang baru pertama kali mengikuti kompetisi ini pun mengatakan bahwa ia mendapat banyak pengalaman. “Yang pertama itu kita dapat mengetahui kualitas kampus lain dan sejauh mana kualitas mobil yang kita buat tahun ini. Dan disegi lain kita mendapat banyak teman disana, untuk mewujudkan mobil listrik kedepannya yang lebih baik,” ujarnya.

Irma Alaynaa Utari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *