d471aac9-db10-49dc-8fbd-8c75d0998625

Rabu 01 Agustus 2018 merupakan hari terakhir mahasiswa baru Politeknik Negeri Madiun (PNM) berada di Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha. Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) di Yonif Para Raider 501 selama empat hari tiga malam merupakan salah satu acara dari rangkaian kegiatan masa Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang dilangsungkan selama enam hari sejak Minggu, 26 Juli 2018.

Pada hari terakhir di 501, banyak hal berbeda dari aktivitas biasanya. Para mahasiswa baru (maba) mengawali hari dengan m
empersiapkan diri, mengemasi barang bawaan dan membersihkan barak tempat mereka tinggal selama kegiatan Diklatsar. Pada pukul 5.30 WIB, dengan mengenakan pakaian hitam putih seluruh mahasiswa baru sarapan bersama di Aula AH Simanjuntak.
PicsArt_08-09-08.34.51

Setelah sarapan, para maba dikumpulkan di lapangan Yonif 501 untuk melaksanakan apel pagi. Dalam apel ini, diselenggarakan juga perlombaan yel-yel antar kompi yang dimenangkan oleh Kompi 2. Sebagai kenang-kenangan, setelah apel pagi setiap kompi mendapat kesempatan untuk berfoto bersama para pelatih dan kakak pendamping. Setelah sesi foto usai, setiap kompi pergi meninggalkan Yonif 501 menuju kampus 2 Winongo PNM dengan berjalan kaki sementrara seluruh barang bawaan mereka diangkut menggunakan truk.

Hani Ribda Azizah (Teknik Komputer Kontrol) dan Damayanti Eka Putri (B. Inggris) mengungkapkan kalau pengalaman berada di Yonif Para Raider 501 merupakan hal yang baru dan menyenangkan. “Menyenangkan berada di sini, kegiatannya yang seru dan baru, bisa punya temen baru dari berbagai prodi,” jelas mereka. Hani juga mengatakan kalau persoalan makan membuatnya tidak betah berada di sana. “Waktu makan harus cepat-cepat, diberi waktu sedikit. Makanya baru 2-3 kali kunyah langsung ditelan dibantu air.”
Setelah sampai di kampus 2, para maba dikumpulkan di aula Gedung Administra Bisnis untuk melanjutkan acara PKKMB berikutnya. Di sana, para mahasiswa baru akan dijelaskan materi mengenai sistem pendidikan politeknik yang disampaikan langsung oleh Direktur PNM, M. Fajar Subkhan, S.T., M.T. Selain materi tersebut ada juga berbagai materi lainnya seperti penjelasan mengenai peraturan akademik, organisasi mahasiswa dan UPT Perpustakaan. Dalam paparan materi UPT Perpustakaan, Alief Sutantohadi, S.S., M.Hum. selaku Kepala UPT perpustakaan berpesan agar mahasiswa baru untuk lebih sering ke perpustakaan. “Perpustakaan ibarat jantungnya sebuah perguruan tinggi karena di dalamnya banyak tersimpan ilmu pengetahuan dan informasi yang bisa membantu mahasiswa untuk menambah ilmu dan berkembang.”

Sebagai puncak kegiatan, seluruh mahasiswa baru diajak untuk mengenal dan mempelajari cara menyanyikan lagu hymne dan mars PNM. Dipandu oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara Blue Shine Choir, seluruh mahasiswa baru dengan semangat menyanyikan hymne dan mars PNM. Tidak ketinggalan, selingan game berupa berpuisi berdasarkan lirik lagu hymne PNM menambah kesemarakan acara.

Setelah seluruh kegiatan berakhir, seluruh mahasiswa baru melaksanakan apel sore sebelum kembali ke rumah masing-masing. Setelah dibubarkan, para mahasiswa baru bergegas ke depan gerbang depan Kampus 2 untuk bertemu sanak keluarga mereka yang telah menunggu sejak pukul 15.00 WIB untuk menjemput.

Reporter: Alam, Christina, Dian, Mutiara, Jessika
Potografer : Maya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *