PicsArt_08-09-08.34.02

Malam Selasa 31 Juli 2018, merupakan malam terakhir mahasiswa baru Politeknik Negeri Madiun (PNM) melakukan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha. Pada malam terakhir ini kegiatan mahasiswa baru adalah Pentas Seni (Pensi) yang dilaksanakan setelah makan malam.
Acara pensi ini dimulai pada pukul 20.15 malam. Dibuka dengan hiburan awal pensi seperti menyanyikan lagu-lagu dangdut oleh para panitia dan para pelatih. Lalu setelah itu dilanjutkan dengan pensi per Pleton dengan tema kebangsaan yang berdurasi maksimal 10 menit.

Pensi antar Pleton ini dibuka dengan penampilan Pleton 1 Kompi 2 yang menyanyikan lagu Bendera dari groupband Coklat dan dilanjutkan dengan menari. Walaupun mayoritas Pleton menampilkan pentas seni berupa bernyanyi, menari, dan membaca puisi, ada juga yang menampilkan drama historis seperti Pleton 2 Kompi 4. Selain itu Pleton 3 Kompi 3 menampilakan tarian Kecak yang berasal dari Pulau Dewata Bali, dan aksi silat dari Pleton 1 Kompi 4. Tidak ingin kalah dengan peserta PKKMB, salah satu pelatih yang mengikuti pentas seni dengan bernyayi.

PicsArt_08-09-08.32.45
Para mahasiswa baru sangat terkesan dengn kegiatan mereka selama di Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha. Seperti yang dikatakan oleh Jihan Triwidi Utami dari Kompi 2 Pleton 1. Mahawiswi jurusan Komputerisasi Akuntansi ini mengungkapkan kegiatan selama di 501 ini sangat seru. “Kegiatannya seru, kita dididik untuk menjadi sosok yang disiplin dan bertanggung jawab agar dimana pun kita berada bisa menjadi sosok yang bertanggung jawab,”. Ia pun mengungkapkan kegiatan paling berkesan untuknya ialah ketika dihukum oleh para pelatih makan siang di tengah lapangan. Jihan berpesan untuk para pelatih agar lebih sabar ketika mengajari mahasiswa baru, dan teman-teman satu angkatan agar sukses selalu, tidak mudah putus asa untuk mengajar cita-cita. Selain itu ia juga berpesan kepada para kakak pendamping agar tetep semangat dan tidak bosan menghadapi mahasiswa baru.

Selain Jihan, M. Rizky Reza Palevi dari Kompi 1 Pleton 4 mengungkapkan bawa kesan awal ketika berada di 501 adalah canggung, namun lama kelamaan jalinan kebersamaannya menjadi lebih erat. Selain itu, apa yang ia dapatkan selama berada di 501 adalah menjadi pribadi yang lebih disiplin, sadar diri, patuh, toleransi menjadi lebih tinggi dan yang terpenting adalah kebersamaan. Ia pun mengatakan kegiatan yang paling berkesan adalah ketika dihukum bersama satu angkatan. “Ketika satu angkatan mahasiswa baru ini dihukum dan senam bersama karena pengalamannya lebih ngena,” ujarnya. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para pelatih karena telah membatu para mahasiswa menjadi lebih baik lagi. Dan kepada para kakak pendamping, ia sangat menghargai karena sangat baik dan sudah bekerja keras. Serta untuk teman-temannya, ia berpesan agar jalinan pertemanan ini awet hingga lulus kuliah kelak.

Reporter : Nita, Yulia, Arin, Irma
Potografer : Maya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *