PicsArt_08-09-08.29.46

Hari Jumat 3 Agustus 2018 menjadi hari terakhir pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) dan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Politeknik Negeri Madiun 2018. Kegiatan ini telah berlangsung sejak Minggu, 29 Juli 2018. Rangkaian acara pada hari terakhir dimulai dengan penghijauan, dilanjutkan dengan expo Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), acara santai, dan diakhiri dengan upacara penutupan.

Kegiatan pertama dimulai sekitar pukul 07.20 dengan penghijauan di Kampus 2 Winongo PNM. Para mahasiswa baru melakukan penanaman bibit sejumlah 250 di area samping dan belakang gedung Komputer Akutansi. Pohon yang ditanam yaitu pohon pulai (Alstonia scholaris) atau dikenal dengan nama lokal pule yang terkenal dengan kerindangannya.

Acara kemudian berlanjut pada sesi perkenalan seluruh UKM di Politeknik Negeri Madiun, atau biasa disebut Expo UKM. Dibuka dengan perkenalan UKM Pers G-PLASMA dan ditutup dengan perkenalan UKM Pecinta Alam Cakra Manggala. Para anggota UKM berlomba-lomba untuk menarik minat para mahasiswa baru agar bergabung dalam organisasinya dengan menampilkan atraksi menarik selama sesi perkenalan seperti yang dilakukan oleh UKM Tari, Cakra Manggala, dan Pencak Silat .

UKM Tari menampilkan kesenian tari tradisional yang dibawakan oleh 4 anggotanya. Pertunjukkan ini disajikan dengan apik dan mengundang decak kagum dari para mahasiswa. UKM Pencak Silat juga unjuk kebolehan dalam seni bela diri yang dilakukan oleh 3 anggota UKM Pencak Silat. Bela diri ini menampilkan trik-trik dan langkah-langkah menggunakan anggota badan serta tongkat dan pedang dalam penjagaan diri. Penampilan dari UKM Pencak Silat ini pun sukses menarik perhatian. Sedangkan UKM Cakra Manggala menunjukkan kehebatannya dalam melakukan rapelling. Aksi ini berupa menurunkan diri menggunakan alat bantu tali yang dilakukan dari lantai 3 menuju hall. Tak kalah dari pertunjukan lain, keterampilan para anggota Cakra Mandala berhasil menutup sesi ini dengan tepuk tangan meriah.

Sesi perkenalan UKM berakhir dan dilanjutkan dengan sesi pendaftaran secara langsung di stan masing-masing UKM. Stan ini sudah dipersiapkan dengan baik oleh setiap UKM demi menyambut mahasiswa yang berminat menjadi anggota baru. Seperti yang dijelaskan oleh Sri Ayuni dari UKM Niknema, anggotanya sudah mempersiapkan perlengkapan stan sejak 2 hari sebelum Expo UKM. “Masalahnya tadi itu waktunya agak kecepetan, adek-adek yang mau foto-foto di photo booth jadi nggak bisa. Semoga tahun depan waktunya bisa ditambah.” jawabnya saat ditanya tentang kendala dalam pelaksanaan expo.

36bbb6df-ae28-4aea-8589-3cec9934443f
PicsArt_08-09-08.30.32
Expo menjadi acara santai dan akrab bagi para mahasiswa baru maupun panitia. Sekaligus menjadi ajang unjuk gigi bagi salah satu Wakil Direktur Politeknik Negeri Madiun, Prasetyo Yekti Utomo, S.E.,M.M.. Dosen yang akrab disapa Pak Pras itu menunjukkan keahliahnya dalam bermain gitar dan menyanyi. Tak tanggung-tanggung lagu yang dinyanyikan adalah lagu hits milik Virgoun, Surat Cinta Untuk Starla dan beberapa lagu dari Jamrud. Para mahasiswa terlihat sangat menikmati dengan bernyanyi bersama. Bukan hanya Pak Pras, mahasiswa baru juga ikut menyumbangkan lagu untuk sesi santai ini.
Memasuki penghujung acara, upacara dilaksanakan untuk menutup seluruh rangkaian kegiatan Diklatsar dan PKKMB 2018. Dimulai sekitar pukul 16.05, yang bertindak sebagai pembina apel adalah Yosi Afandi, S.Sos. M.A.B. selaku Wakil Direktur 1 PNM.
Berbeda dengan tahun sebelumnya, seusai apel seluruh mahasiswa baru berjabat tangan dan saling memohon maaf dengan panitia. Apel berhasil terlaksana dengan tertib dan khidmat, dengan ini resmi sudah para mahasiswa baru menjadi mahasiswa Politeknik Negeri Madiun angkatan 2018.

Reporter : Isna, Dhinar, Arin, Shelly
Potografer : Andika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *